Requirement


Презентация изнутри:

Слайд 0

Requirement Conclusion


Слайд 1

Definisi Requirement adalah gambaran dari layanan (services) dan batasan bagi sistem yang akan dibangun. Fungsi Menjadi dasar penawaran suatu kontrak ­­> harus terbuka untuk masukan Menjadi dasar kontrak ­­> harus didefinisikan secara detil


Слайд 2

Pengumpulan requirement Interviews: Memberi informasi yang terbaik, mahal


Слайд 3

Macam requirement (1) User requirement (kebutuhan pengguna) : Pernyataan tentang layanan yang disediakan sistem dan tentang batasan­batasan operasionalnya. Pernyataan ini dapat dilengkapi dengan gambar/diagram yang dapat dimengerti dengan mudah. System requirement (kebutuhan sistem) : Sekumpulan layanan/kemampuan sistem dan batasan­batasannya yang ditulis secara detil. System requirement document sering disebut functional specification (spesifikasi fungsional), harus menjelaskan dengan tepat dan detil. Ini bisa berlaku sebagai kontrak antara klien dan pembangun.


Слайд 4

A software design specification (spesifikasi rancangan PL) : Gambaran abstrak dari rancangan software yang menjadi dasar bagi perancangan dan implementasi yang lebih detil. Macam requirement (2)


Слайд 5

Pembaca requirement


Слайд 6

Kategori software system requirement (1) Functional Requirement : Merupakan penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi­situasi tertentu. Menentukan apa yang tidak dikerjakan oleh sistem. Functional requirement menggambarkan system requirement secara detil seperti input, output dan pengecualian yang berlaku.


Слайд 7

Contoh kasus peminjaman buku Pengguna bisa mencari semua informasi tentang buku atau bisa memilih salah satu dari informasi tentang buku. Semua peminjam memiliki pengenal yang unik Sistem mampu catat transaksi peminjaman, pengembalian dan denda secara lengkap Hari libur bisa di­set sejak awal, dan bisa menerima perubahan dengan otoritas khusus Harus komplit ( kebutuhan layanan jelas dan lengkap) dan konsisten (tidak kontradiksi dengan yang didefinisikan)


Слайд 8

Non­functional Requirement Secara umum berisi batasan­batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar­standar tertentu. Kategori software system requirement (2)


Слайд 9

Cakupan Non­Functional requirement


Слайд 10

Non-functional requirement dibagi 3 tipe Product req. berkaitan dengan kehandalan, kecepatan, kemudahan digunakan, kapasitas memori yang dibutuhkan dan efisiensi sistem Organisational req. berkaitan dengan standar, bahasa pemrograman dan metode rancangan yang digunakan. External req. berkaitan dengan masalah etika penggunaan, interoperabilitas dengan sistem lain, legalitas, dan privasi.


Слайд 11

Domain requirement Berasal dari domain aplikasi sistem. Misalnya karena masalah hak cipta maka beberapa dokumen dalam perpustakaan tidak boleh diakses oleh orang lain yang tidak berhak. Kategori software system requirement (3)


Слайд 12

Pustaka Sommerville, Ian. "Software Engineering" .6th . Addison Wesley. 2001


×

HTML:





Ссылка: